Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Divisi Informasi Rumah Sakit

Informasi rumah sakit ialah ujung tombak dalam pelayanan, karena kepada merekalah klien mendaftar, meminta keterangan,dan membuat appointment dengan dokter. Hal ini menuntut Divisi Informasi untuk mengetahui keadaan up to date dari jadwal tenaga medis (dokter) supaya tidak ada pelayanan mengecewaka pihak klien, seperti misalnya membuat appointment dengan dokter spesialis pada hari Jum'at tetapi ternyata ketika pasien datang hari jum'at dokter spesialis yang dimaksud tidak hadir, bahkan tidak ada penggatinya sama sekali.
Secara aturan akreditasi Divisi Informasi "WAJIB" dipisahkan dari Rekam Medis karena menurut logika, Rekam medis adalah catatan Konfidential yang harus ditutup supaya meminimalisir orang yang tidak berkepentingan jangan sampai mengetahui data dalam catatan medis tersebut, sementara Divisi Informasi & Pendaftaran / receptionist adalah sifatnya terbuka dan harus secara informatif menjelaskan kepada pasien, keluarga pasien, dan pihak-pihak lainnya yang membutuhkan informasi.
Jika kedua divisi itu digabungkan maka penilaian minus akan diberikan akreditasi rumah sakit untuk Kelompok Kerja Rekam Medis.
Akan tetapi pada prakteknya memang tidak sesulit yang diwajibkan oleh aturan akreditasi tersebut apalagi didukung oleh tenaga yang sudah berpengalaman di informasi dan RM.
Hanya pada pelaksanaanya dikhawatirkan akan semakin sering mengecewakan pelanggan apalagi pasien Askes yang notabene kelas menengah ke atas dimana demand akan pelayanan yang baik itu sangat tinggi.